Monday 11 April 2011

Rahasia menanam cabe

Harga cabe sekarang ini sungguh sangat mahal. Hal ini menyebabkan kita enggan untuk memasak masakan yang terlalu banyak memakai cabe. Tetapi tidak demikian untuk ibu - ibu rumah tangga yang kreatif. masih ada banyak jalan menuju roma. Yaitu dengan cara menanam cabe sendiri. Memang jika dipikir-pikir akan membutuhkan waktu yang agak lama sekitar 2-3 bulan agar cabe berbuah. Tetapi  bersabarlah, karena waktu yang demikian itu tidak akan terasa jika dijalani dan nantinya kita akan merasakan keuntungannya.

Berikut ini tips menanam cabe secara sederhana, saya mengajak ibu-ibu dan kita semua untuk bisa berkreasi. Berikut caranya :

1. Pilihlah beberapa buah cabe, lalu kita keluarkan bijinya.
2. Kemudian kita jemur biji cabe ini sampai kering.
3. Semaikan biji cabe di media tanah, contohnya di dalam nampan yang diisi tanah dan letakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.
4. Setelah 3-4 hari biji cabe akan mulai tumbuh, biarkan selama kira-kira satu minggu.
5. siapkan media tanah, misalnya cangkir wadah kemasan air minum mineral, lalu isilah dengan tanah, serta lubangi sisi-sisinya serta bagian bawahnya.
6. Pisahkan bibit cabe ke dalam media yang telah kita buat, lakukan untuk satu bibit cabe satu media. Pemindahan dilakukan pada sore hari agar cabe tidak layu.
7. Setelah bibit cabe cukup besar, kita siap memindahkannya dari media gelas ke media tanah sesungguhnya. karena setelah cukup besar bibit cabe sanggup untuk menerima sinar matahari secara langsung.
8. Berilah pupuk dan disiram.
9. Penenaman selesai dan tunggu hasilmnya.

Metode ini saya dapat kan dari pengalaman saya ketika berkebun cabe secara langsung di halaman rumah saya. Selamat mencobaa dan sukses..

3 comments:

  1. nice info mas,mas ada referensi buat bdidaya jamur?? mhon infonya ya mas^_^

    ReplyDelete
  2. nice info mas,mas ada referensi buat bdidaya jamur?? mhon infonya ya mas^_^

    ditunggu aja mas ya.., saya juga lagi nunggu perkembangan usaha jamur saya berkembang, baru nanti mau bikin postingannya...

    ReplyDelete
  3. mas jurusan teknik elektro layo ya mas????
    very ni anak bukit angkatan 06

    ReplyDelete