Monday 11 April 2011

Cara membuat Cuko khas palembang

Cuko merupakan kuah yang berasa pedas dan merupakan pasangan dari pempek. Cuko merupakan kunci kenikmatan ketika kita memakan pempek, ketika cuko yang kita hirup berasa nikmat maka pempek pun akan berasa nikmat. makan pempek tanpa cuko ibarat sayuran tanpa garam. Bahkan ada orang yang mengatakan " pempeknya tidak enak tidak apa - apa yang penting cukonya enak". Disinilah kita dapat melihat peran penting dari cuko. Tetapi akan lebih baik lagi kalau pempeknya enak, cukonya juga enak. Disini saya akan membagikan tips bagaimana membuat cuka yang enak.

Bahan :
1. Gula batok 500 gr
2. Bawang putih 5 siung
3. Asam jawa sebesar ujung jempol tangan.
4. Garam kasar Secukupnya
5. Cabai rawit 1 ons
6. Air masak 5 gelas

Cara membuat :
1. Rebus air putih bersama dengan gula batok dan asam jawa sampai mendidih, lalu dinginkan.
2. Tumbuklah cabai rawit bersama bawang putih dan garam sampai halus.
3. Campurkan bumbu yang sudah halus ke dalam air rebusan gula batok tadi, lalu panaskan kembali.
4. Cuko khas palembang siap dihidangkan dan menggoyangkan lidah.

Keahlian bikin cuko ini saya dapatkan dari pengalaman saya ketika berjualan pempek secara mandiri. Apabila waktu pertama kali membuatnya terjadi kegagalan, jangan menyerah, karna itu juga pernah terjadi pada saya sebelum saya sukses seperti sekarang ini. See you

No comments:

Post a Comment